Kamis, 08 Desember 2016

Review Skincare I

Diposting oleh Armas Dinik Ayu Andita di 18.26

Saat ini banyak sekali orang-orang yg berlomba untuk menciptakan image cantik menurut diri mereka. Ada yg diet ketat tanpa nasi, it's okay asal kamu siap dengan resiko nya. Ada juga yg perawatan wajah penuh resiko, supaya apa? Supaya kulit wajah mulus halus putih kinclong. Semua sah-sah saja asal kita punya modal nya, asal kita siap dengan resiko yg terjadi kemudian hari. Namun menurut saya, cantik itu nggak perlu menyiksa diri kok yg menjadikannya tersiksa itu adalah kamu sendiri. Kadang kita terlalu terpukau dengan kecantikan yg dimiliki seseorang dan kemudian mencoba untuk mengikuti langkah nya supaya cantik juga, tanpa sadar bahwa setiap kecantikan yg mereka dapatkan itu pasti ada resiko nya dan kadang orang-orang hanya asal mengikuti tanpa mau dan tau tentang resiko terserbut. Di negara ginseng misalnya, untuk menjadi cantik mereka harus mengeluarkan dana yg tidak sedikit untuk melakukan oplas dan serangkaian perawatan paska oplas, puas sih melihat hasil nya tapi tubuh tersiksa dengan proses nya. Dan hal ini yg saya usaha hindari. Menurut saya lebih baik menjaga dan merawat apa yg sudah kita punyai tanpa harus merubah nya, karna segala sesuatu yg diberikan Allah itu pasti sudah sesuai dengan standar dan porsi kita, setiap kekurangan pasti ada kelebihan.
Dan disini saya ingin berbagi tips dan cerita kepada kalian tentang kulit wajah, tentang pengalaman ku mencoba produk skincare. Oke langsung aja yah bahasa nya yg santai aja hahaha. Jadi siapa disini yg over protect sama kulit wajahnya? Yg setiap mau makan 1 biji kacang aja pikir 2x karna takut berjerawat. Hahaha sah-sah aja sih menurut aku kalo kalian punya pemikiran begitu.

Singkat cerita, sebenarnya kulit wajah ku itu normal-normal saja hanya sedikit oily dibagian T dan jerawat pun muncul kalo pas lagi stress/kecapekan (masuk akal sih karna saat stress dan kecapekan itu mempengaruhi hormon tubuh kita dan imbas nya ke jerawat) produk skincare yg aku pakai itu dari Ponds, aku lupa yg series apa pokoknya warna pink tua, oiya sebelum pakai Ponds aku pernah juga pakai Clean n Clear, terus pakai Biore anti acne, terus pakai Sariayu dan baru deh pakai Ponds. Pokoknya dicoba dari yg paling ringan dulu yaa. Aku masih inget banget waktu itu kelas 2 SMA ada acara beauty class gitu di sekolah dari salah satu Skincare terkenal di Jogja inisial nya L (yg katanya pakai bahan natural itu lho) nah kita dikasih kesempatan buat cek kondisi kulit wajah kita dan tanpa babibu aku ikutan cek, kata dokter nya kulit wajah aku menipis terus dia tanya aku pakai produk apa dan aku bilang aku pakai Ponds terus katanya lagi Ponds memang bisa menipiskan kulit dan beliau menyarankan untuk menggunakan produk skincare dari si L tadi (entah beneran menipiskan atau hanya trik menjatuhkan pesaing dan mencari konsumen ya hehehe). Aku termasuk orang yg baru coba-coba pakai kosmetik dan produk skincare, waktu itu di sekolah lagi hits banget pada jualan produk Oriflame, pasti tau dong kalian? Iya itu produk luar yg selalu kasih diskon di setiap katalog nya yg selalu menarik buat dicoba, maklum ya cewek kalo udah berhadapan dengan tulisan diskon itu pasti menggebu gebu banget hahaha. Awalnya aku cuma langganan maskara aja itupun karna lagi ada promo gila gilaan (bayangin aja aku beli Oriflame maskara dari The One Series harga normal 130k dan aku dapet dengan harga 60k), maskara Oriflame ini juga bisa memanjangkan dan menebalkan bulu mata loh. Kebetulan yg jualan Oriflame ini adalah kaka kelas aku jadi setiap ada katalog dan promo baru dia selalu kasih tau aku, sampe waktu itu kan ada promo skincare Oriflame series Essensial yg warna pink itu lho harga nya cuma 29k. Gilsss murah banget apalagi itu produk luar, dan dengan penuh kepolosan dan kegoblokan aku langsung order. Tapi entah kenapa pas dipake di wajah aku kok jadinya super oily dan akhirnya muncul semacam jerawat entah komedo gitu di wajah. Frustasi banget dong ya apalagi udah masa puber udah ngerti tentang perawatan kok malah jadi gini:(

Muncul lah ide dan niat untuk pakai skincare L yg sempat promosi di sekolah ku, sebelumnya aku juga cerita sama mbak dan mbak bilang (nyaranin sih) pake NG aja sama-sama natural tapi hasilnya lebih cepat karna katanya kalo L itu hasil baru keliatan setelah berbulan bulan pakai. Oiya buat kalian yg tinggal di Jogja pasti udah nggak asing dengan NG (produk skincare baru yg katanya pakai bahan-bahan natural dan harganya murcee) bayangin aja sepaket skincare; face toner, facial wash, morning cream dan night cream cuma 80k. Gilsss murah bin99ow!! Dan tanpa babibu aku pun langsung meluncur ke salah satu gerai nya yg baru di Jln Supadi, disini lebih santai dan ga terlalu ramai kayak yg di Jln Cendrawasih, setelah registrasi dan antri sekitar 20 menit aku pun dipanggil untuk konsultasi di Ruang Konsul 1 sama dokter cowok yg menurut saya baik dan ramah dibandingin dokter cewek yg di Ruang Konsul 2. Kata dokter nya kulit wajah ku masih bagus, jerawat yg muncul itu hanya karna pola hidup dan pola makan aja. Iyain ajadeh ya hahahah, terus aku dikasih resep krim yg paling dasar (tingkatan awal) tapi ada juga lho langsung dikasih tingkatan sedang bahkan tinggi karna semua tergantung kondisi kulit kita.

Singkat cerita (panjang banget ya padahal) aku udah pake NG setahun lebih terhitung sejak Februari 2015-November 2016, selama pake NG ini kulit wajah aku emang mulus, cerah berseri dan kenyal kalo kata orang sih flawless. Bahkan dalam 2 minggu pemakaian pun hasil udah keliatan, makin cinta deeh! Tapi semua nggak semulus itu kok aku pernah kehabisan krim malam dan belum sempet (belum bisa) beli lagi karna maklum ya pelajar keuangan masih belum stabil (kayak harga indeks saham hahaha) dan akibatnya kulit wajah aku jadi kusem+bruntusan merah disekitar dagu dan deket hidung, sampai akhirnya aku ke NG lagi dan konsultasi kata dokternya sih iritasi terus dikasih krim anti iritasi yg hanya 2x oles pun wajah sudah mulus lagiii. Gilsss te o pe be ge te!!! Hingga pada akhirnya November 2016 kemarin aku iseng googling dengan keyword "wajah bruntusan karna pakai krim NG" daaan mencengangkan sekaliii, karna banyak banget review bahkan forum yg bercerita tentang bahaya nya produk skincare ini!!! Intinya sih katanya sih, NG itu mengandung bahan yg sifatnya steroid (steroid itu apa dan apa bahaya nya bagi kulit serta tubuh? Silahkan googling sendiri ya, takut kepanjangan ini blog hehe) selain steroid ternyata skincare yg katanya natural ini juga mengandung paraben bahkan facial wash nya sendiri mengandung 3 jenis paraben (paraben hampir terdapat di semua produk baik itu kosmetik, skincare bahkan obat karna dia berfungsi sebagai pengawet tapi normalnya suatu produk hanya memakai 2 jenis turunan paraben). Wow. Itu baru facial wash lho belum krim nya. Makin ngeriiii apalagi katanya skincare ini merupakan anakan dari skincare legendaris NTS yg sempat heboh karna kebanyakan krim nya mengandung steroid, bahkan ada yg bilang juga kalo krim NG itu versi generik nya krim NTS. Masuk akal sih, kenapa saya bilang masuk akal? Silahkan googling sendiri ya hehehe.

Aku juga sempat lho googling tentang ciri-ciri krim/skincare berbahaya yg intinya; warna krim nya kekuningan hingga kecoklatan (beruntung sih yg saya pakai masih yg putih dan kuning pucat karna semakin terang warna nya semakin berbahaya dan memang ada krim dari NG yg warna nya kuning kecoklatan jadi bisa disimpulkan....), teksturnya lengket di kulit (tapi nggak semua kok karna krim NG ini nggak begitu lengket di wajah), menumbuhkan bulu di kulit wajah (iya ini krim saya bangettt semenjak pake NG kulit wajah saya yg dulunya berbulu kini makin lebat bulu nya), dan harus disimpan didalam kulkas (patut curiga, biasanya saat beli krim di NG di bagian customer selalu bilang kalo krim baiknya disimpan di kulkas eh ternyata krim yg harus disimpan di kulkas itu biasanya mengandung bahan steroid yg apabila teroksidasi bisa merubah warna dan tekstur makanya disimpan di kulkas biar selalu awet). Dan fix semenjak itu saya memutuskan untuk berhenti menggunakan produk skincare ini. Karna saya takut kalo kelamaan dipakai semakin banyak bahan kimia yg sifatnya racun tadi mengendap dibawah kulit saya dan semakin lama waktu yg saya butuhkan untuk menetralkan kembali.

Sudah 8 hari ini saya berhenti menggunakan krim malam maupun krim pagi, bahkan facial wash pun saya nggak pakai, kalo face toner emang udah dari lama saya berhenti pakai. Akibatnya? Kulit wajah saya kusem, jelek bangettt yg tadinya mulus, halus, berseri sekarang jadi bruntusan dan kusem. Sempet frustasi dan pakai masker kalo mau keluar (baik juga untuk menghindari debu dan panas biar nggak makin parah). Untuk proses penetralan ini saya biasanya rutin maskeran pakai Lidah Buaya (saya ambil gel nya) dan Jeruk Nipis (air perasannya), setiap hari setiap pagi dan malam sebelum tidur. Bahkan kadang sore pun saya pakai sebelum mandi. Untuk lidah buaya nya sih rasanya adem di kulit wajah agak seikit gatal kalo udah kering, sedangkan untuk jeruk nipisnya rasanya gateeeeelllll, perihhhhh, cekit cekitttt, gakuku ganana pokoknya:( tapi ya mau gimana lagi dong ya! Oiya fyi, kulit wajah yg perih saat diberi jeruk nipis ini karna kulit wajah kita banyak mengandung bahan kimia, ter iritasi atau berjerawat dan menipis. Jadi buat yg berjerawat bagus juga kok cobain perawatan ini tapi ya itu perih sekaliiii. Tapi semakin hari rasa perih dan gatal nya pun semakin berkurang. Dan kulit wajah saya yg sempat breakout bruntusan kusem pun berangsur membaik dan cerah sekalipun ga pake facial wash atau pun krim pencerah, tapi mulai berasa kering dan mengelupas untuk proses ganti kulit yg baru. Dan semenjak saat ini saya jadi super hati-hati dalam memilih produk skincare. Tips sebelum memakai produk skincare :
1. Cari review nya dulu di internet
2. Sesuaikan budget
3. Jangan lupa untuk tetap maskeran dengan bahan-bahan alami untuk mengimbangi bahan kimia nya
4. Hentian pemakaian kalo muncul gejala-gejala yg mencurigakan
5. Jangan termakan iklan dan omongan orang!

Setelah penetralan 8 hari tanpa makeup tanpa skincare apapun, sekarang aku mulai coba pakai produk dari Wardah, aku pakai Essensial series, untuk merawat dan mengembalikan kekenyalan kulit paska breakout dan jika sudah kembali normal (sekitar 1-3 bulan kedepan) baru deh boleh pake yg Lightening series. Doakan ya semoga cocok!
Cantik itu emang butuh proses. Cantik itu emang penuh resiko tapi jangan terlalu ber resiko ya. Tuhan menciptakan banyak di sekililing kita yg bisa kita manfaatkan. See u in next articel💕

0 komentar:

Posting Komentar

 

My own world▲ Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos